Minggu, 17 Desember 2023

LDKS 2023/2023

Pada hari Jumat, 15 Desember 2023 sampai dengan Minggu 17 Desember 2023 SMP Negeri 3 Genteng melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 yang mengikuti OSIS, PMR, DG, MPK, dan DDS. Dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan seluruh siswa dapat menjadi lebih baik dalam mengasah jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan manajemen organisasi.


Ikut berorganisasi di sekolah akan memberi kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih baik dalam mengelola waktu. Siswa dapat belajar membagi waktu dan memanfaatkannya untuk belajar reguler dan kegiatan organisasi di sekolah. Kegiatan organisasi di sekolah dilaksanakan usai pembelajaran tatap muka di ruang kelas. Itu berarti, siswa yang ikut kegiatan organisasi akan bertambah volume kegiatannya selain dari belajar reguler. Kesibukan siswa akan meningkat dari biasanya. Bertambahnya volume kegiatan, tenaga dan waktu akan menuntut siswa untuk terampil mengelola waktu. Siswa harus pandai membagi waktu belajar dan, berorganisasi di sekolah.


Mencimpungi organisasi di sekolah akan bermanfaat untuk mengasah berbagai kemampuan siswa. Misalnya kemampuan berbicara di depan umum, berkomunikasi, bersosialisasi. Selain itu, ikut organisasi sekolah juga akan meningkatkan keterampilan siswa dalam mengatasi persoalan yang dihadapi dan membentuk pola pikir positif.


Siswa SMP Negeri 3 Genteng yang terpilih mengurus OSIS, DG, PMR, DDS, dan MPK adalah siswa pilihan. Diharapkan siswa pilihan ini kelak menjadi pemimpin yang baik. Pemimpin yang memahami anggota yang dipimpin, mengerti seluk beluk kepemimpinan dan organisasi. Mampu berkomunikasi yang baik dengan yang dipimpin.
 Kegiatan organisasi di sekolah dilaksanakan usai pembelajaran tatap muka di ruang kelas. Itu berarti, siswa yang ikut kegiatan organisasi akan bertambah volume kegiatannya selain dari belajar reguler. Kesibukan siswa akan meningkat dari biasanya. Bertambahnya volume kegiatan, tenaga dan waktu akan menuntut siswa untuk terampil mengelola waktu. Siswa harus pandai membagi waktu belajar dan, berorganisasi di seko